Rabu, 17 Oktober 2012

Bahasa Rakitan

Murni astuti(sir201114)

Bahasa rakitan
Bahasa rakitan atau lebih umum dikenal sebagai Assembly adalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Bahasa rakitan mengimplementasikan representasi atas kode mesin dalam bentuk simbol-simbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia. Berbeda halnya dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang berlaku umum, bahasa rakitan biasanya mendukung secara spesifik untuk suatu ataupun beberapa jenis arsitektur komputer tertentu. Dengan demikian, portabilitas bahasa rakitan tidak dapat menandingi bahasa-bahasa lainnya yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Namun demikian, bahasa rakitan memungkinkan programmer memanfaatkan secara penuh kemampuan suatu perangkat keras tertentu yang biasanya tidak dapat ataupun terbatas bila dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.
Pada bahasa rakitan, programmer umumnya menggunakan sebuah program utilitas yang disebut sebagai perakit (bahasa Inggris: assembler) yang digunakan untuk menerjemahkan kode dalam bahasa rakitan tersebut ke dalam kode mesin untuk perangkat keras tertentu. Sebuah perintah dalam bahasa rakitan biasanya akan diterjemahkan menjadi sebuah instruksi mnemonic dalam kode mesin, berbeda halnya dengan kompiler pada bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menerjemahkan sebuah perintah menjadi sejumlah instruksi dalam kode mesin.
Beberapa perangkat lunak bahasa rakitan terkenal biasanya menyediakan tambahan fitur untuk memfasilitasi proses pengembangan program, mengontrol proses perakitan, dan alat bantu ''debugging''.

 

 

Bahasa Rakitan / Cetak Karakater Berwarna

Dalam bahasa rakitan, memunculkan karakter atau kata atau kalimat berwarna termasuk hal yang mudah, Warna yang dimaksud disini bukan hanya warna dari teksnya saja, tapi akan termasuk juga latar belakangnya. untuk bisa mengeluarkan karakter berwarna, coba anda tuliskan code ini :
http://mardziyant.files.wordpress.com/2012/09/code_col.png?w=450

Interupt 10h – Service 09h

AH = Isikan nomor service (09h)
AL = Isikan karakter yang akan dicetak
BH = Nomor Halaman (default 00)
BL = Berisi atribut dari karakter
http://mardziyant.files.wordpress.com/2012/09/atr.png?w=450
Keterangan :
BL = Blink ( bekedip )
R = Merah
G = Hijau
B = Biru
I = Intensitas Warna
semua bit hanya bernilai 1 dan 0 saja. jika kita ingin mengatifkan bit yang bersangkutan maka kita berikan nilai 1 pada bit tersebut, demikian pula sebaliknya jika kita ingin mematikan bit tersebut. misalkan kita ingin memunculkan karakter yang berlatar belakang biru karakter berwarna merah berintensitas tinggi maka nilai yang kita berikan pada BL adalah 00011100b


Bahasa rakitan juga bias di orientasikan dalam 2 kelompok yaitu :
ü Bahasa Pemrograman yang Berorientasi Mesin
n  Korespondensi satu-satu antara statement dan native bahasa mesin
n  Pencocokkan set instruksi dan arsitektur mesin
ü Bahasa Rakitan untuk IBM-PC
n  Mengacu pada processor 8086, 8088, 80186, 80286, 80386, 80486, dan Pentium Processors
n  Apa sih itu ASSEMBLER ?? Dalam bahasa rakitan kita sering mendengar istilah ASSEMBLER  yaitu program system yang Mentranslasikan kode sumber dalam bahasa rakitan ke dalam bahasa mesin .ada 2 file object dalam assembler yaitu :
·        File Objek – berisi instruksi mesin, inisial data dan informasi yang digunakan ketika load program
·        File Listing – berisi record dari proses translasi, jumlah baris, alamat, pembangkit kode dan data, dan simbol tabel
Mengapa perlu belajar bahasa rakitan,,memeng banyak sekali manfaat kita mempelajari bahasa rakitan diantaranya adalah sebagai berikut :
·        Mempelajari bagaimana processor bekerja
·        Mengerti dasar arsitektur komputer
·        Mengeksplorasi representasi internal data dan instruksi
·        Mendapatkan wawasan mengenai konsep hardware
·        Dapat membuat program kecil yang efisien
·        Programmer dapat melakukan bypass untuk menanggulangi keterbatasan yang ditemui pada Bahasa Tingkat Tinggi
·        Bila diperlukan bisa digunakan untuk menangani operasi-operasi tertentu

Bahasa mesin
Dalam bahasa rakitan ada juga istilah bahasa mesin…Bahasa mesin yaitu Suatu bahasa yang direpresentasikan dengan number, biasanya disebut “Set Instruksi Processor” Sekumpulan operasi dasar yang disediakan processor dan setiap instruksi dikodekan sebagai number Instruksi bisa terdiri dari satu byte atau lebih Setiap number berkorespondensi dengan satu instruksi


Contoh intruksi IBM-PC
*    1011000000000101b    atau    B005h
*    OpCode = 10110000b
n  Copy 1 byte ke dalam register AL
n  Byte yang ditemukan pada bagian kedua adalah instruksi 00000101b
*    Kode operasi diidentifikasikan sebagai tipe dari instruksi dan menyediakan beberapa informasi berkaitan dengan panjang instruksi


Intruksi bahasa rakitan
*    Mnemonik yang merepresentasikan Instruksi Mesin
n  Setiap mnemonik digunakan untuk representasi tunggal instruksi mesin
n  Assembler menjalankan translasi
*    Beberapa mnemonik membutuhkan operand
n  Operand menyediakan informasi tambahan
*     register, constant, address atau variable
*    Assembler Directives


Tidak ada komentar:

Posting Komentar