Murni astuti(sir201114)
Bahasa rakitan
Bahasa rakitan
atau lebih umum dikenal sebagai Assembly adalah bahasa pemrograman
tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor,
pengendali
mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Bahasa rakitan mengimplementasikan
representasi atas kode mesin dalam bentuk simbol-simbol yang secara
relatif lebih dapat dipahami oleh manusia. Berbeda halnya dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang
berlaku umum, bahasa rakitan biasanya mendukung secara spesifik untuk suatu
ataupun beberapa jenis arsitektur komputer tertentu. Dengan demikian,
portabilitas bahasa rakitan tidak dapat menandingi bahasa-bahasa lainnya yang
merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Namun demikian, bahasa rakitan
memungkinkan programmer memanfaatkan secara penuh kemampuan suatu perangkat
keras tertentu yang biasanya tidak dapat ataupun terbatas bila dibuat dengan
menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.Pada bahasa rakitan, programmer umumnya menggunakan sebuah program utilitas yang disebut sebagai perakit (bahasa Inggris: assembler) yang digunakan untuk menerjemahkan kode dalam bahasa rakitan tersebut ke dalam kode mesin untuk perangkat keras tertentu. Sebuah perintah dalam bahasa rakitan biasanya akan diterjemahkan menjadi sebuah instruksi mnemonic dalam kode mesin, berbeda halnya dengan kompiler pada bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menerjemahkan sebuah perintah menjadi sejumlah instruksi dalam kode mesin.
Beberapa perangkat lunak bahasa rakitan terkenal biasanya menyediakan tambahan fitur untuk memfasilitasi proses pengembangan program, mengontrol proses perakitan, dan alat bantu ''debugging''.
Bahasa Rakitan / Cetak Karakater Berwarna
Dalam bahasa rakitan, memunculkan karakter atau
kata atau kalimat berwarna termasuk hal yang mudah, Warna yang dimaksud disini
bukan hanya warna dari teksnya saja, tapi akan termasuk juga latar belakangnya.
untuk bisa mengeluarkan karakter berwarna, coba anda tuliskan code ini :
Interupt 10h – Service 09h
AH = Isikan nomor service (09h)AL = Isikan karakter yang akan dicetak
BH = Nomor Halaman (default 00)
BL = Berisi atribut dari karakter
Keterangan :
BL = Blink ( bekedip )
R = Merah
G = Hijau
B = Biru
I = Intensitas Warna
semua bit hanya bernilai 1 dan 0 saja. jika kita
ingin mengatifkan bit yang bersangkutan maka kita berikan nilai 1 pada bit
tersebut, demikian pula sebaliknya jika kita ingin mematikan bit tersebut. misalkan
kita ingin memunculkan karakter yang berlatar belakang biru karakter
berwarna merah berintensitas tinggi maka
nilai yang kita berikan pada BL adalah 00011100b
Bahasa rakitan
juga bias di orientasikan dalam 2 kelompok yaitu :
ü Bahasa Pemrograman yang Berorientasi Mesin
n Korespondensi satu-satu antara statement dan native bahasa mesin
n Pencocokkan set instruksi dan arsitektur mesin
ü Bahasa Rakitan untuk IBM-PC
n Mengacu pada processor 8086, 8088, 80186, 80286, 80386, 80486, dan
Pentium Processors
n Apa sih itu ASSEMBLER ?? Dalam bahasa rakitan kita sering mendengar
istilah ASSEMBLER yaitu program system yang
Mentranslasikan kode sumber dalam bahasa rakitan ke dalam bahasa mesin .ada 2
file object dalam assembler yaitu :
·
File Objek – berisi instruksi mesin, inisial data
dan informasi yang digunakan ketika load program
·
File Listing – berisi record dari proses translasi,
jumlah baris, alamat, pembangkit kode dan data, dan simbol tabel
Mengapa perlu belajar bahasa rakitan,,memeng banyak
sekali manfaat kita mempelajari bahasa rakitan diantaranya adalah sebagai
berikut :
·
Mempelajari bagaimana processor bekerja
·
Mengerti dasar arsitektur komputer
·
Mengeksplorasi representasi internal data dan
instruksi
·
Mendapatkan wawasan mengenai konsep hardware
·
Dapat membuat program kecil yang efisien
·
Programmer dapat melakukan bypass untuk menanggulangi
keterbatasan yang ditemui pada Bahasa Tingkat Tinggi
·
Bila diperlukan bisa digunakan untuk menangani
operasi-operasi tertentu
Bahasa mesin
Dalam bahasa rakitan ada juga istilah bahasa mesin…Bahasa
mesin yaitu Suatu bahasa yang direpresentasikan dengan number, biasanya disebut
“Set Instruksi Processor” Sekumpulan operasi dasar yang disediakan processor
dan setiap instruksi dikodekan sebagai number Instruksi bisa terdiri dari satu
byte atau lebih Setiap number berkorespondensi dengan satu instruksi
Contoh intruksi IBM-PC
1011000000000101b
atau B005h
OpCode = 10110000b
n Copy 1 byte ke dalam register AL
n Byte yang ditemukan pada bagian kedua adalah instruksi 00000101b
Kode operasi diidentifikasikan sebagai tipe dari instruksi dan
menyediakan beberapa informasi berkaitan dengan panjang instruksi
Intruksi bahasa rakitan
Mnemonik yang merepresentasikan Instruksi Mesin
n Setiap mnemonik digunakan untuk representasi
tunggal instruksi mesin
n Assembler menjalankan translasi
Beberapa mnemonik membutuhkan operand
n Operand menyediakan informasi tambahan
register,
constant, address atau variable
Assembler Directives
Tidak ada komentar:
Posting Komentar