Bahasa Rakitan /
Assembly Language #2
Sebelum kita belajar
lebih jauh tentang ini,,ada baiknya anda tau dulu tentang konsep dari elemen computer
^_^
Setelah anda memahami konsep elemen komputer, anda mesti mereview lagi tentang jenis
bilangan khususnya desimal, biner dan hexadesimal.
karena Bahasa Rakitan akan menggunakan salah satu atau ketiga jenis
bilangan tersebut sebagai value data atau pengalamatan memori. itulah kelebihan
Bahasa Tingkat Rendah, karena memori dipanggil secara langsung maka akan lebih
cepat eksekusinya berbeda dengan Bahasa Tingkat Tinggi.
Sebagai bahan review,
akan di bahas secara singkat tentang
Jenis bilangan ini :
1. Biner
Bilangan berbasis 2, sehingga hanya terdiri dari 2 bilangan saja
yaitu 0 dan 1. sistem komputer menggunakan bilangan ini sebagai representasi
dari sebuah nilai yaitu 0V dan +5V.
Contoh Konversinya sebagai berikut :
11101101(2) =
1 x 27 + 1×26 + 1×25 +
0×24 + 1×23 + 1×22 + 0×21 +
1×20= 23710
2. Hexadesimal
Bilangan berbasis 16, terdiri dari 16 bilangan yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F.
Contoh Konversinya sebagai berikut :
3A16 = 3×161 + 10×160 =
5810
Bahasa Rakitan mempunyai 4 tipe instruksi dasar, yaitu : mnemonic (opcode), Operand 1, Operand 2,
Komentar.
mnemonic / opcode : instruksi yang akan melakukan aksi terhadap
operand.
operand : data yang diproses oleh opcode. sebuah opcode bisa terdiri
dari 2 operand atau hanya 1 operand saja.
contohnya seperti ini :
Sederhana saja dalam melakukan program ini yang harus ada dalam
ber-Assembly adalah Notepad, compiler .
Berikut ini Adalah contoh langkah2nya
1. Ekstrak file yang sudah anda download, file-file itu yang akan
menjadikan kode bahasa rakitan kita menjadi file object dan file executable.
2. letakan folder asm tersebut di salah satu drive komputer
anda, misalkan saja di drive D.
3. Jalankan Notepad kemudian ketikan kode berikut:
4. Simpan kode program ke dalam folder asm yang ada di D dengan
nama kode1.asm
5. Buka DOS melalui Start-> Program -> Accessories -> Command Prompt.
6. Arahkan ke folder anda yang ada di D dengan cara
ketikan D:kemudian Enter, ketikan cd asm kemudian Enter.
7. Tahap selanjutnya adalah meng-compile kode program anda
dengan mengetikan TASM kode1.asm kemudian Enter
8. Cek apakah ada pesan error, jika ada error coba anda cek
kembali kode yang anda ketikan dengan kode diatas perbaiki kesalahannya
kemudian ulangi compile nya.
9. Tahap selanjutnya adalah Linking, yaitu merubah file object menjadi file
executable dengan mengetikan TLINK /t kode1.obj kemudianEnter.
10. Terakhir, anda ketikan kode1 kemudian Enter.
Nah itulah
sedikit cerita dari aku,,,semoga
bermanfaat,,,, ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar